Silakan membaca informasi yang sangat penting buat saya, saat bingung mau menginstal tanpa melalui DVD masternya. Ini saya peroleh dari blog mas Rahmad. (hehehe).

Langsung saja, silakan lakukan petunjuk berikut:

Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah:

* Satu flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB atau lebih, karena file installer sistem operasi Windows 7 berukuran sekitar 2 atau 3 GB, tergantung dari ukuran file intaller sistem operasi windows 7 yang akan digunakan.
* File installer Windows 7 (atau master yang akan digunakan instaal Windows 7),
* Komputer yang sudah terinstall Windows 7, Komputer ini akan digunakan untuk memformat dan menyalin/copy file installer windows 7 ke dalam Flashdisk.

note: Flashdisk yang akan dibuat sebagai media instalasi windows 7 tidak berisi Data atau file penting karena nantinya Flashdisk ini akan di format agar dapat menjadi media instalasi Windows 7

Baiklah langsung saja kita mulai.

* Pasang USB Flashdisk Anda pada komputer;
* Tekan pada Keyboard secara bersamaan Windows (gambar bendera) dan r;
* Ketik cmd kemudian klik OK;
* Ketik diskpart kemudian tekan enter pada Keyboard; jika ada kotak dialog tampil, pilih yes. Akan tampil kotak dialog diskpart.exe
* ketik list disk kemudian tekan enter; maka akan menampilkan daftar disk yang ada pada komputer
* keterangan: pada komputer saya, hanya menggunakan 1 harddisk (harddisk bawaan laptop/harddisk internal) dan 1 flashdisk berkapasitas 8 GB. Dapat kita lihat pada gambar di atas Disk O = 465 GB adalah kapasitas harddisk internal dan Disk 1 = 8000 MB adalah kapasitas flashdisk. Pada gambar di atas, yang ditandai dengan tanda panah merah adalah flashdisk yaitu: Disk 1.
* Ketik select disk 1 kemudian tekan enter; harap berhati-hati karena kesalahan dalam mengetikkan nomor disk akan mengakibatkan data Anda hilang.. pastikan memilih flashdisk seperti yang sudah dijelaskan di atas.
* ketik clean kemudian tekan enter;
* ketik create partition primary kemudian tekan enter;
* ketik select partition 1 kemudian tekan enter;
* ketik active kemudian tekan enter;
* ketik format fs=fat32 kemudian tekan enter; proses ini akan membutuhkan waktu beberapa menit, sekitar 5 atau 15 menit, tunggu saja hingga ada informasi DiskPart successfully formatted the volume
* ketik assign kemudian tekan enter
* ketik exit kemudian tekan enter; sampai di sini Anda telah berhasil memformat Flashdisk agar dapat menjadi media instalasi Windows 7.
* langkah selanjutnya adalah copy/salinlah DVD installer Windows 7 ke dalam flashdisk yang sudah diformat tersebut; jika Anda mempunyai Windows 7 installer dalam bentuk Image, seperti: dalam format .nrg, .iso dan lain-lain maka terlebih dahalu extract image tersebut kemudian salin/copy semua file yang sudah di extract ke dalam flashdisk yang telah di format tersebut.
* Flashdisk tersebut telah dapat digunakan sebagai media instalasi Windows 7 pada komputer, seperti Netbook, Notebook/Laptop dan PC.
* Jika Anda ingin menginstall Windows 7 menggunakan USB Flashdisk tersebut, pastikan pengaturan/setting BIOS pada komputer, telah diatur untuk membaca USB Flashdisk pertamakali ketika komputer restart atau menyala (istilah lain: Boot pertamanya ke Flashdisk). Jika belum tahu cara setting BIOS, silahkan mencari informasi yang ada.. Apabila setting BIOS telah dilakukan dengan benar maka proses instalasi Windows 7 akan berjalan dengan lancar, sama seperti kita menginstall windows 7 menggunakan media DVD.

Note: cara ini insyalloh juga dapat digunakan untuk install windosw XP or Windosws 8.